Site icon Radar Tuban

Terjawab, Apa Arti MD dalam Nama Mahfud MD

apa arti MD

Mahfud MD

TUBAN– Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi ketum-ketum parpol koalisi telah resmi mengumumkan Mahfud MD sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari Ganjar Pranowo di Pemilu 2024.

Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD didukung oleh PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo.

Mahfud MD pun menjadi trending dan jadi bahan perbincangan di berbagai sosial media. Perbincangan itu mengerucut pada arti nama MD di dalam nama Mahfud MD.

Ya, Nama pria yang pernah menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi ini membuat penasaran masyarakat, terutama para warganet karena ada MD di bagian belakang namanya.

Apa sih arti dari MD dalam nama Menko Polhukam, Mahfud MD?

Ternyata, Mahfud MD pernah membeberkan sejarah nama dirinya, alias asal usul nama MD tersebut pada April 2019 silam, melalui akun Twitternya.

Dia bercerita awalnya dia bernama Muhammad Mahfud tanpa embel-embel MD di belakangnya. Namun, karena ada tiga nama ketika dia duduk di Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMTP), maka masing-masing nama Mahfud diberi inisial nama orang tuanya.

Sehingga arti nama MD dalam Mahfud MD ternyata singkatan dari Mahmodin, nama sang ayah.

Dulu nama saya Muhammad Mahfud sj tp krn di satu kelas SMTP ada 3 orang bernama Mahfud maka masing2 disambung dgn nama orang tuanya. Singkatan nama orng tua sy MD, jadilah Mahfud MD. Ternyata bnyk ya yg pakai nama kita. Mahfud artinya terpelihara,” tulis dia di melalui akunnya @mohmahfudmd.

Ada banyak komentar dari tulisan tersebut, Salah satunya pemilik akun @FrankySahilatua: “Kirain “MD” itu Muhammadiyah pak..,” tulisnya.

Senada dengan penjelasan Mahfud MD, Dikutip dari data Wikipedia, menyebutkan kepanjangan MD di belakang nama Mahfud adalah Mahmodin.
Mahfud MD lahir 13 Mei 1957 dari pasangan suami istri Mahmodin dan Siti Khadijah. Dia mempunyai seorang istri, Zaizaton Nihajati dan tiga orang anak, yakni Mohammad Ikhwan Zain, Vina Amalia, serta Royhan Akbar.
Mahfud MD juga pernah membeberkan sejarah latar belakang nama dirinya ditambahi ‘MD’ atau ‘Md’ saat diwawancara dalam program Hitam-Putih yang tayang di Trans7 pada 29 Maret 2018.

Saat itu Mahfud menceritakan ketika dirinya memasuki bangku SMP, ada 3 orang bernama Mahfud, termasuk dirinya.
Namun Mahfud masih merasa ada yang mengganjal. Dia lalu mengusulkan nama lain untuknya ke gurunya tersebut. Mahfud kemudian mengusulkan tambahan ‘MD’ atau Md’ pada namanya yang merupakan singkatan dari nama ayahnya, Mahmodin.

“Saya waktu itu 12 tahun merasa nama Mahmudin kok ya kampungan ya? Coba disingkat Md, ‘Pak Guru, tolong dong tolong disingkat Md’,” ungkapnya.

Sejak saat itu inisial ‘MD’ menempel di belakang nama Mahfud. Tepatnya setelah tambahan nama ‘MD’ tertulis di ijazahnnya. Karena tidak dapat diubah lagi, akhirnya Mahfud pun harus mengubah nama di akta lahirnya.

Untuk diketahui, Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dijadwalkan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari pertama masa pendaftaran dibuka yaitu pada Kamis (19/10).

 

Terkait itu, Mahfud menyatakan dia mengambil cuti saat masa kampanye. Namun, untuk cuti juga harus menunggu penetapan pasangan capres dan cawapres oleh KPU pada 13 November 2023.

“Soal cuti itu nanti. Itu kan ada aturannya, pada saat kampanye cuti, pada saat tidak kampanye ya masuk kantor,” kata Mahfud MD menjawab pertanyaan wartawan saat dia ditemui di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (18/10). (*)

 

 

 

 

 

Exit mobile version